DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Uaraian Singkat Proyek
1.2
Latar Belakang
1.3
Jenis Kegiatan
1.4
Lokasi Proyek
1.5
Sumber Dana
1.6
Manajemen Proyek
BAB II
RENCANA PENANGANAN
2.1
Rencana Awal
2.2
Kondisi Lapangan
2.3
Rencana Penanganan
2.4
Gambaran umum
BAB
III PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN
3.1
Permasalahan
3.2
Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik
3.3
Pembahasan
3.4
Perencanaan Pekerjaan Abutment
3.5
Usulan Pekerjaan Tambah Kurang.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1
Kesimpulan
4.2
Saran – saran
DAFTAR
LAMPIRAN
- Perkiraan Kuantitas usulan
Kontrak
- Daftar Kuantitas Perhitungan
Tambah Kurang
- Gambar – gambar
ke-Jeram
Jembatan Alue Ijok
Kantor
Kabupaten
simpang peat
Nagan
Raya
jln. maulaboh – tapak uan
ke.
Maulaboh
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
URAIAN SINGKAT PROYEK
Dalam Rangka Meningkatkan sarana perhubungan darat
sesuai dengan pertumbuhan arus lalu lintas dan meningkatkan tingkat
perekonomian masyarakat, dimana kondisi jembatan di sungai alue ijok belum ada,
dan Pemerintah Republik Indonesia Departemen Pekerjaan Umum Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe
Aceh Darussalam segera melaksanakan Pembangunan Jembatan Alue ijok Kabupaten
Nagan Raya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA), Pembangunan Jalan
dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD. Dimana Jembatan
tersebut merupakan jembatan penghubung antara Daerah Transmigrasi Perkebunan
kelapa sawit ( SP-2 ) dan Daerah Pekerkebunan Kelapa Sawit Transmigrasi Batu
Raja, maka dengan adanya pekerjaan pembangunan jembatan Krueng Trang ini yang didanai dana APBA tahun anggaran 2008
akan berdampak sangat positif dimana masyarakat yang melintasi jembatan
tersebut aman, lalu lintas semakin
meningkat dan Roda Perekonomian lancar.
1.2 LATAR BELAKANG
Jembatan Alue Ijok yang berada dalam Kabupaten Nagan
Raya ini sudah selayaknya untuk dibangun, karena jembatan tersebut akan
mempersingkat jarak jalan menuju Ibukota Suka makmue kususnya Masyarakat
Transmigran Batu Raja, maka dalam rangka meningkatkan sarana perhubungan darat
sesuai dengan pertumbuhan lalu lintas dan ekonomi yang ada, Pemerintah Indonesia melalui Dinas Bina Marga
dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memandang perlu untuk melaksanakan
pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten Nagan Raya melalui Bidang Program dan
Kegiatan Pengawasan Teknis Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Pelaksanaan prinsip-prinsip tata pemerintah yang
baik juga berlaku untuk keseluruhan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pembangunan
jalan dan Jembatan, termasuk Konsultan Pengawas.
1.3 Jenis Kegiatan.
Tahun anggaran 2008 telah
ditetapkan Jenis Pekerjaan Pembuatan Ebutmen
Bentang 20 M (bangunan bawah ) dan daerah Oprit Jembatan.
Serta Bangunan Pelindung jembatan lainya.
1.4 Lokasi
Proyek.
Secara administrasi lokasi kegiatan
Pembangunan Jalan dan Jembatan berada
dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
1.5 Sumber
Dana
Pada tahun Anggaran 2008, Program
Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD , Paket Bang – Kab. 15.05 ,dibiayai dengan
anggaran dana APBA, Tahun Anggaran 2008 dengan perincian sebagai berikut :
Biaya pelaksanaan Fisik = Rp. 1.599.549.538.93
PPn 10% = Rp. 159.954.953.89
Total = Rp. 1.759.504.492.82
Dibulatkan = Rp. 1.759.504.000,00
1.5
Manajemen Proyek.
Sebagai Pemilik (owner) adalah
Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Jalan dan Jembatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi
NAD, yang dalam hal ini bertindak atas nama Pemerintah Republik Indonesia c/q
Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Jalan dan jembatan
Penyedia Jasa Pelaksanaan Paket
Bang-Kab. 15.05. Pembangunan Jembatan Alue Ijok adalah PT .CITRA RATU BAIDURI
sedangkan Konsultan Supervisi yang bertugas mengawasi pekerjaan ini adalah PT. Cipta
Jaya Utama Konsultan Ass CV. Ganessa Consulting Group.
BAB II
RENCANA PENANGANAN
2.1
Rencana Awal
Rencana penanganan Paket Bang
– Kab.15.05 , Jembatan berupa Pembangunan Jembatan Bangunan Atas Dengan
menggunakan Balok tipe I dengan Bentang 31.6 M
Design awal untuk Paket Bang – Kab.15.05, Jembatan
Alue Ijok menggunakan konstruksi perencanaan penanganan sebagai berikut :
Beton K – 350.untuk Bangunan atas
Beton K – 250, Untuk Slap .
Unit Pra cetak Type I bentang 31.6 M.
Penyediaan Dinding
Sumuran D – 400 cm
Penurunan Dinding Sumuran D – 400 cm.
Pasangan Batu
Perkiraan kuantitas awal
adalah berdasarkan keseluruhan kebutuhan penanganan pekerjaan, dengan demikian
penyajikan uraian kuantitas sesuai dengan kebutuhan dilapangan dan dapat
diketahui setelah lakukan survey yang dilaksanakan bersama dilapangan.
2.2
Kondisi Lapangan.
Kondisi lapangan merupakan
daerah perkebunan Kelapa Sawit. Arus sungai Sangat Deras. Dan kalau sungai
banjir lalu -lintas tidak bisa
menyebrang.
2.3
Rencana Penanganan
Adapun item pekerjaan pada paket
Bang-Kab. 15.05, Jebatan Alue Ijok. adalah sebagai berikut :
No
|
No. Item Pembayaran
|
Uraian Pekerjaan
|
Satuan
|
1.
|
1.2
|
Mobilisasi
|
Ls
|
2.
|
1.8 (3)
|
Pengambilan Data Sondir
|
Ls
|
3.
|
2.1
|
Galian Untuk Selokan dan Drainase
|
M3
|
4.
|
3.1 (1)
|
Galian Biasa
|
M3
|
5.
|
3.2 (3)
|
Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M
|
M3
|
6.
|
3.2 (4)
|
Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M
|
M3
|
7.
|
3.2 (1)
|
Timbunan Biasa
|
M3
|
8.
|
3.2 (2)
|
Timbunan Pilihan
|
M3
|
9.
|
7.1 (3)
|
Betok K-350
|
M3
|
10.
|
7.1 (5)
|
Beton K -250
|
M3
|
11.
|
7.2 (8)
|
Beton K-125
|
M3
|
12.
|
7.3 (1)
|
Baja Tulangan U-24 Polos
|
Kg
|
13
|
7.7 (1)b
|
Penyediaan Dinding sumuran Silinder
D- 400cm
|
M
|
14
|
7.7 (2)b
|
Penurunan Dinding sumuran Silinder D-
400cm
|
M
|
15
|
7.9
|
Pasangan Batu
|
M3
|
|
|
|
|
2.4
Gambaran Umum
•
Nama Paket : Pembangunan
Jembatan Alue Ijok.
•
Nomor Paket : Bang – Kab. 15.05
•
Lokasi : Kota , Kabupaten Nagan Raya
•
Bentang : 20 M
•
Nomor Kontrak : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
•
Nilai kontrak :
Rp. 1.759.504.000,00
•
Tanggal Kontrak :
3 Sebtembar 2008
•
Mulai pelaksanaan :
7 September 2008
•
Sumber Dana :
APBA Tahun 2008
•
Waktu Pelaksanaan :
120 Hari Kalender
•
Masa Pelaksanaan : 180 Hari Kalender
•
Kontraktor Pelaksana : PT . CITRA RATU BAIDURI
•
Konsultan Supervisi : PT.Cipta Jaya Utama Konsultan Ass.CV.Ganessa Consulting
Group
BAB III
PERMASALAHAN DAN
PEMBAHASAN
3.1
Permasalahan.
Berdasarkan hasil field
engineering yang dilakukan bersama dengan pihak proyek, diketahui bahwa kondisi
awal pada paket Bang – Kab. 15.05 Pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten
NaganRaya. Adalah Belum ada
jembatan sama sekali. Dan perlu pembuatan Ebudment baru
serta Perubahan Desind dari Pondasi Sumuran Ke Pondasi Tiang Pancang.
3.2 Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik.
Pembuatan Justifikasi Teknik
ini di dasarkan kepada :
a.
Kontrak Pelaksanaan Paket Bang – Kab. 15.05 Jembatan
Alue Ijok , dengan Nomor Kontrak : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
b.
APBA Tahun Anggaran 2008
c.
Spesifikasi Teknik Pelaksanaan Pekerjaan
d.
Surak PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi
Nanggroe Aceh Darussalam, Perihal Rekayasa Lapangan
e.
Volume Pekerjaan hasil field engineering di
lapangan.
3.3 Pembahasan
Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan
kebutuhan lapangan, pekerjaan Pembangunan Jembatan Alue Ijok, dengan berpedoman kepada dana yang tersedia,
maka untuk mencukupi kebutuhan kuantitas rill di lapangan perlu diadakan
penyesuaian pekerjaan.
Berdasarkan hal tersebut
diatas maka manajemen proyek yang terdiri dari Pejabat Pelaksana Teknis
Kegiatan , Kontraktor pelaksana dan Konsultan Supervisi melakukan evaluasi dari
hasil rekayasa lapangan.
3.4 PERENCANAAN PEKERJAAN EBUDMENT
3.4.1. PONDASI
Rencana
dan Asumsi :
a.
Sumuran
b.
Tiang Pancang
Karena Data sondir yang ada menunjukan
pondasi Dala (lebih dari 6M maka
menggunakan pondasi Tiang Pancang dengan D-40cm panjang 14 M. dari Jaya
Kunstruksi.
3.4.2. BANGUNAN BAWAH EBUTMENT
Abutment dibuat dari bahan Beton
K-250 dan Besi U-24. di cor Setempat dan harus memenihi persyaratan beton bertulang
degan memperhatikan sbb:
3.4.4
USULAN PEKERJAAN TAMBAH KURANG
Usulan Pekerjaan yang
mengalami perubahan adalah sebagai berikut :
DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH
3.1 (1) Galian Struktur dng
kedalaman 2-4 m
Volume pekerjaan di tambah dari =100 M3 menjadi = 342 M3 dikarenakan
sesuai Kebutuhan Riil di lapangan
3.2. (2) Timbunan Pilihan
Volume pekerjaan ditambah dari =367 menjadi = 1269.36 dikarenakan
sesuai Kebutuhan Riil di lapangan.
7.1 (5) Beton K-250.
Volume
Beton K-250 mengalami penambahan dari volume semula= 69.69 m3 menjadi =
146.55 M3
7.1 (5) Beton K-175.
Volume
beton K-175 di hilangkan karena tidak lagi ada pekerjaan siklop.
7.1 (5) Beton K- 125.
Volume
beton K-175 Mengalami Pengurangan dari = 10 M3 menjadi 6.48 M3
7.3 (1) Baja Tulangan U-24 Polos.
Volume
baja mengalami berkurang dari = 17.357
Kg menjadi = 11.411.04 Kg sesuai Kondisi Riil di lapangan..
7.7 (2)b Penyediaan Dinding Sumuran
Silinder D-400.
Dinding
sumuran Silinder D-400 diganti dengan
Tian pancang D-40 cm. Sesuai hasil sondir dilapangan 14 M .
7.7(1)
Penurunan Dinding Sumuran Sumuran D-400
Harga
satuan penurunan dinding Sumuran D-400 dihilangkan karena tidak ada lagi
pondasi sumuran di ganti dengan tiang pancang.
7.7 (1)b Penyediaan tiang pancang beton pra tekan D.40 cm
Merupakan item baru
pengganti pondasi sumuran dengan D=40cm dan Panjang 14 M
7.7 (2) Pemancangan Tiang Pangcang D-40cm
Merupakan item baru untuk
pelaksanaan tiang pancang.
7.1 Pasangan Batu
Pekerjaan ini betambah dari volume
awal = 350,00 M3 menjadi = 408.53 M3 ,
sesuai keadaan rill di lapangan
7.10. Batu Kosong
Pekerjaan ini merupakan
item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong
7.10 Bronjong
Pekerjaan ini merupakan
item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong
No
|
No. Item Pembayaran
|
Uraian Pekerjaan
|
Keterangan
|
1.
|
1.2
|
Mobilisasi
|
Tetap
|
2.
|
1.8 (3)
|
Pengambilan Data Sondir
|
Tetap
|
3.
|
2.1
|
Galian Untuk Selokan dan Drainase
|
Tetap
|
4.
|
3.1 (1)
|
Galian Biasa
|
Tetap
|
5.
|
3.2 (3)
|
Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M
|
Tetap
|
6.
|
3.2 (4)
|
Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M
|
Bertambah
|
7.
|
3.2 (1)
|
Timbunan Biasa
|
Tetap
|
8.
|
3.2 (2)
|
Timbunan Pilihan
|
Tetap
|
9.
|
7.1 (3)
|
Betok K-350
|
Tetap
|
10.
|
7.1 (5)
|
Beton K -250
|
Bertambah
|
11.
|
7.2 (8)
|
Beton K-125
|
Berkurang
|
12.
|
7.3 (1)
|
Baja Tulangan U-24 Polos
|
Berkurang
|
13
|
7.7 (1)b
|
Penyediaan Dinding sumuran Silinder
D- 400cm
|
Dihilangkan
|
14
|
7.7 (2)b
|
Penurunan Dinding sumuran Silinder D-
400cm
|
Dihilangkan
|
15
|
7.9
|
Pasangan Batu
|
Bertambah
|
|
|
Tiang pancang
|
Item baru
|
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1
Kesimpulan
Dari hasil Field Engineering (
rekayasa lapangan) telah dikerjakan
berupa pondasi jembatan berupa Tiang Pancang dari beton pracetak pratekan
dengan D=40cm. dan panjang 14m. serta
bangunan bawah abutmen kunstruksi beton bertulang dengan K-250 . dan perencanaan selanjutnya dengan jembatan
konfensional kunstruksi beton K-350. Dengan bentang 20 M.
Nilai kontrak awal tidak
mengalami pertambahan nilai kontrak, sehingga nilai kontrak awal tetap sebesar
Rp. 1.759.504.000,00,- Rincian pekerjaan tambah kurang dapat dilihat
pada lampiran.
Waktu pelaksanaan tidak mengalami
perubahan tetap 104 hari kalender.
4.2
Saran – Saran
Demi kelancaran pekerjaan
paket Bang – Kab. 15.05, jalan Jembatan Alue Ijok. untuk tahun 2008 ini
disarankan untuk segera mempersiapkan kontrak Change Order (CCO) dan Addendum
Kontrak kelengkapan administrasi lainnya.
Karena kondisi intensitas
Hujan tinggi maka disarankan untuk Penambahan waktu Pelaksanaan.
No comments:
Post a Comment