Waktu

Wednesday, July 25, 2012

Cara Pemasangan Batu Bata, Plesteran Dinding dan Pemasangan Keramik


Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Bata


(1)   Untuk dinding pada kamar mandi digunakan adukan campuran 1 Pc : 2 (trasraam)                                                                               Ps.setinggi 35 cm dan diatas trasraam digunakan adukan campuran 1Pc : 3Ps dan dengan pasangan ½ bata pada dinding pemisah kamar mandi.

(2)       Batu bata merah yang digunakan batu bata eks lokal dengan kualitas baik yang disetujui oleh Pengawas, yaitu siku dan sama ukurannya.

(3)               Sebelum digunakan batu bata harus direndam dalam bak air atau drum hingga jenuh.

(4)               Pembuatan lubang pada pasangan bata merah untuk perancah sama sekali tidak diperkenankan.

(5)               Tidak diperkenankan memasang bata merah yang patah dua melebihi  5 %. Bata yang patah lebih dari dua tidak diperkenankan untuk digunakan.

(6)               Pasangan bata merah untuk dinding ½ batu harus menghasilkan dinding finish setebal 15 cm. Pelaksanaan pasangan harus cermat, rapi dan benar-benar tegak lurus.

(7)               Pemborong harus memperhatikan serta menjaga pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lain. Jika terjadi kerusakan akibat kelalaiannya, maka pemborong harus mengganti tanpa biaya tambahan.


Pelasanaan Pekerjaan Plesteran


(1)               Dalam pekerjaan ini acian dibuat dalam campuran 1 PC : 0,5 Air, plesteran dibuat dalam campuran 1 Pc : 2 Ps pada (trasraam) dan 1 Pc : 3 ps.

(2)               Bersihkan permukaan dinding batu bata dari noda-noda debu, minyak cat dan bahan-bahan lain yang dapat mengurangi daya ikat plesteran agar benar-benar siap untuk dilakukan pekerjaan plesteran. Permukaan yang akan diplester disiram air hingga jenuh.

(3)               Singkirkan semua hal yang dapat merusak/mengganggu pekerjaan plesteran.

(4)               Pekerjaan plesteran harus lurus, sama rata, datar maupun tegak lurus.

Pemborong harus memperhatikan serta menjaga pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lain. Jika terjadi kerusakan akibat kelalaiannya, maka pemborong harus mengganti tanpa biaya tambahan  




Pekerjaan Keramik


(1)               Pemasangan keramik lantai dan dinding sebaiknya pada tahap akhir, utnuk menghindari kerusakan akibat pekerjaan yang belum selesai.

(2)               Permukaan lantai dan dinding yang akan dipasang keramik harus bersih, cukup kering dan rata air.

(3)               Tentukan kepala pasangan dengan mempertimbangkan tata letak ruangan/tangga/dinding yang ada. Peamasangan keramik lantai atau dinding dimulai dari kepala pasangan ini

(4)               Sebelum dipasang, keramik lantai atau dinding agar direndam dalam air terlebih dahulu.

(5)               Setiap jalur pemasangan harus ditarik benang dan rata air.

(6)               Adukan semen untuk pemasangan keramik harus penuh, baik permukaan dasar maupun di badan belakang keramik lantai dan dinding yang terpasang. Perbandingan adukan dan ketebalan rata-rata yang dianjurkan adalah : untuk lantai, semen : pasir = 1 : 6,  dengan ketebalan rata-rata 2 – 4 cm, untuk dinding, semen : pasir = 1 : 4, dengan ketebalan rata-rata 2 cm

(7)               Lebar nat yang dianjurkan untuk lantai 4 – 5 mm dan dinding 2 mm, dengan campuran pengisi nat (grout) semen atau bahan khusus yang ada dipasaran. Bagi area yang luas dianjurkan untuk diberi expansion joint.

(8)               Bersihkan segera bekas adukan/grout dari permukaan keramik, dapat dipergunakan bahan pembersih yang ada di pasar dengan kadar asam tidak lebih dari 5 %, setelah itu segera bersihkan dengan air bersih.

(9)               Karena sifat alamiah dari produk keramik yang disebabkan proses pembakaran pada temperatur tinggi, dapat terjadi perbedaan warna dan ukuran, untuk ini periksa dan pastikan keramik lantai atau dinding  yang akan dipasang mempunyai seri dan golongan ukuran yang sama. 

2 comments:

  1. This is how my pal Wesley Virgin's autobiography begins with this SHOCKING and controversial VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get whatever they want.

    THESE are the EXACT same methods many famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know that you use only 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Maybe that conversation has even taken place INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years ago, while driving an unregistered, beat-up garbage bucket of a car with a suspended license and $3.20 on his banking card.

    "I'm so frustrated with going through life check to check! When will I finally make it?"

    You've been a part of those those types of thoughts, ain't it right?

    Your success story is waiting to be written. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    ReplyDelete
  2. terima kasih semoga laris manis batu bata nya

    ReplyDelete

Entri Populer

berbagi 4 SHARED

sport.detik

lintas.me - Terpopular

Tribunnews - RSS

Bola.net

Goal.com News - Indonesian

Beritabola.com

Viva News