Waktu

Saturday, June 9, 2012

Pemeriksaan Kepadatan Tanah ( Compaction )


Pemeriksaan Kepadatan Tanah ( Compaction )
Tanah yang dipakai untuk pembuatan tanggul, bendungan tanah atau dasar jalan harus dipadatkan untuk :
ü  Menaikkan kekuatannya
ü  Memperkecil conpressibilitynya
ü  Memperkecil pengaruh air terhadap tanah tersebut.
Pemadatan adalah suatu proses dimana udara pada pori-pori dikeluarkan dengan cara mekanis.Proses pemadatan sangat berbeda dengan proses konsolidasi. Cara mekanis yang dipakai untuk mendapatkan tanah di lapangan biasanya dengan cara menggilas, sedangkan sara memukul digunakan di laboratorium.
Untuk setiap pemadatan tertentu, kepadatan yang dicapai tergantung kepada banyaknya air yang dikandung oleh tanah tersebut yaitu kadar airnya. Bila kadar airnya rendah, maka tanah tersebut keras atau kaku sehingga sukar untuk dipadatkan. Bila kadar air ditambahkan maka air tersebut berfungsi sebagai pelumas sehingga tanah tersebut nudah untuk dipadatkan dan ruang kissing antara butiran kecil. Kadar air yang sangat besar, kepadatannya akan turun karena pori-pori tanah menjadi terisi penuh oleh air.
Dari setiap kalinya melakukan pengujian pemadatan akan dperoleh suatu nilai kepadatan ( angka pori ), angka-angka ini dipakai untuk membuat grafik angka pori terhadap air. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada suatu nilai kadar air tertentu angka pori menjadi lebih rendah jika tanah menjadi lebih padat. Kadar air optimumdiperoleh pada kondisi tanah yang paling padat (angka pori paling kecil).
Ada dua macam percobaan pemadatan yang biasa dilakukan di laboratorium untuk menentukan kadar air yang  optimum dan berat isi kering maksimum, yaitu:
a.       Pemadatan standart ( Ctandart Compection )
b.      Pemeriksaan ini dilakukan dengan cetakan ( mould ) berdiameter 10,16 cm dengan berat 2,5 kg yang sijatuhkan dari ketinggian 30,48 cm. Cetakan ini diisi dalam tiga lapis dipadatkan dengan 25 kali tumbukan dari alat pemukul tersebut
c.       Pemadatan berat ( Modified Compection )
Pelaksanaan pengujian tidak berbeda dengan pengujian standart. Pada pengujian ini dipakai cetakan 15,24 cm. Cetakan ini diisi dalam 5 lapisan dan setiap lapis dipadatkan dengan sebanyak 56 kali tumbukan.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

berbagi 4 SHARED

sport.detik

lintas.me - Terpopular

Loading...

Amazon MP3 Clips

There was an error in this gadget

Tribunnews - RSS

Bola.net

Goal.com News - Indonesian

Beritabola.com

Viva News