Waktu

Saturday, June 9, 2012

Pengujian Tanah dengan bor Tangan (Hand Bor)


A.                 Pengujian Tanah  dengan bor Tangan (Hand Bor)
Pengujian tanah untuk menentukan karakteristik dan kualitas merupakan pekerjaan yang sangat penting dan harus dilakukan. Sejumlah pengujian dengan metode sederhana telah dikembangkan, pengujiana penggolongan yang  sederhana sekalipun, tentu memerlukan sejumlah pengalaman tertentu untuk menentukan suatu tanah  apakah dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu kontruksi dilapangan, hasil – hasil yang tepat tentu akan dapat membantu optimasi untuk menentukan jumlah pemadatan.
Untuk mengambil contoh-contoh uji tanah tersebut pertama-tama harus menentukan suatu tempat yang baik untuk pengeboran tanah ditempat yang akan dibangun.
Untuk mengetahui tentang lapisan-lapisan tanah perlu dilakukan penyelidikan mengenai sifat-sifat dari tanah tersebut misalnya kadar airnya, kekuatannya, daya rembesannya dan lain sebaginya. Penyelidikan ini biasanya dilakukan dilapangan dan perlu dilakukan karena setiap lapisan tanah tidak sama sifat-sifatnya maupun sifat lainya.
Sebelum membahas lebih lanjut, penganbilan contoh tanah biasanya dilakukan dengan cara :
1.      Contoh Tidak Asli (Disturb Sample)
Pada cara ini contoh tanah diambil dari lapangan tanpa ada usaha yang dilakukan untuk melindungi struktur asli dari tanah. Contoh tanah dengan cara ini dapat dipakai untuk segala penyelidikan yang tidak memerlukan contoh tanah dengan struktur asli, seperti butiran, batas – batas atterberg limit, berat jenis pemadatan dan lain sebaginya.

2.      Contoh Asli ( Undisturb Sample)
Pada pengambilan contoh tanah dengan caraini sangat ditekankan untuk melindungi sifat-sifat asli dari tanah, sehingga tanah masih menunjukan sifat-sifat aslinya untuk pemeriksaan selanjutnya. Pada pemeriksaannya tidak mungkin mendapatkan sifat – sifat tanah yang benar-benar asli, akan tetapi dengan teknik pelaksanan sebagamana mestinya dan cara mengamati yang tepat maka kerusakan – kerusakan terhadap sifat contoh tanah bisa diatasi sekecil mungkin sehingga kerusakan tersebut dapat diabaikan.
Kerusakan atau sifat tanah yang dimaksud berupa struktur tanah, kadar air atau susunan kimianya. Parameter yang diambil dari contoh tanah ini adalah kadar air, berat volume, dan lain sebaginya.
Ada beberapa cara yang dilakukan untuk pengambilan contoh tanah asli dari lapangan antara lain:
a.       Dengan memakai tabung baja tipis (Sample Tube)
Alat ini biasanya digunakan untuk lempung yang lunak sampai sedang pada pemeriksaan laporan ini yang digunakan adalah metode ini mengingat keadaan tanah yang diperiksa.
Contoh-contoh Core Barrel, cara ini dipergunakan untuk tanah yanh keras

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

berbagi 4 SHARED

sport.detik

lintas.me - Terpopular

Tribunnews - RSS

Bola.net

Goal.com News - Indonesian

Beritabola.com

Viva News